Jumat, 11 Juli 2014

Sabtu, Juli 200x

*****



Yogyakarta,
Rabu, Juli 200x




Assalamualaikum we er we be


Panji! Andreas!

Jump! Roll! Sit! hmm...good dog. :p


woi...pakabar nji, ndre? baik-baik aja ya. aku disini juga baik-baik aja soalnya. haduh...lama amat kamu bales surat yang kemarin nji, aku kira kamu udah lupa punya temen di jogja.

eh, salam hajar, tendang, jitak, sama tabok buat andreas ya! sumpah aku ketawa waktu baca cerita dia. nggeus bisa ngomong aing ayeuna teh? (udah bisa ngomong aing ya sekarang?) hahahaha. ndre,makasih buat kiriman cakalang pupu nya! ditunggu kiriman klapertaart nya ya. heh, katanya cowo, masa beraninya bilang asalamualaikum doang! jauh-jauh ke bandung nyusul teh irene masa cuma ngomong gitu doang? itu sih anak TK juga bisa ndre. katanya kamu udah DISUNAT. ayo buktikan kejantananmu! hahahaha.

buat panji, sahabatku yang paling bego di sekolahnya sekarang. nji, aku juga disini sama, mengalami kesusahan untuk beradaptasi dengan pelajaran baru. malah guru disini menggunakan bahasa jawa ketika menerangkan. akhirnya aku hanya bertumpu pada buku, aku terang-terangan mengacuhkan setiap perkataan guru yang tidak aku mengerti sama sekali. cuma beruntungnya, aku belum pernah disuruh maju ke depan, dan belum ada test mendadak seperti yang kamu alami nji. yang pasti, bukan cuma kamu yang susah, aku juga disini susah, andreas juga pastikesusahan di sekolahnya yang baru karena di sana ngga ada temannya yang luar biasa ajaib seperti kamu yang tiba-tiba mengerti arti dari bahasa manado yang biasa ia ucapkan.

udahlah nji, ngga usah dipikirin. dulu juga kamu lebih bego dari aku kan? hehehe. klo ngga ngerti ya tinggal belajar, klo susah ya tinggal nanya sama temen. klo stres jangan dimakan sendirian, bagi-bagi juga sama temen biar lebih enteng nji. temen baru kamu yang anak jakarta itu pasti pinter kan? tanya aja sama dia, masa sesama sipit ngga mau bantu.

nanti klo kamu jangan akrab-akrab sama rino ya nji? ntar aku dilupain lagi sama kamu. hehehe. kamu disana ikut ekskul apa aja nji? ikutan basebol jg ya? hihihi. disini mah ngga ada basebol euy. ekskulnya juga ngga sebanyak di sekolahan kamu. kayanya aku mau lanjut ikutan paskibra deh nji, tapi disini panas pisaaaaaaan. ngga kuat aku klo latihan tengah hari bolong.

panji, kata andreas kamu lagi ngeceng cewe yah??? soalnya klo mau tidur suka megangin foto siapa gitu. hahaha. foto siapa nji? anak bandung yah? hebat lah, baru juga seminggu sekolah di bandung, langsung dapet kecengan. nanti hari minggu pagi aku telfon kamu nji! kamu harus ceritain kecengan kamu itu! klo bisa sekalian kirimin fotonya ke aku yah. hehehe. salam buat andreas. bilangin sama dia, klo pake celana dalem jangan suka kebalik, malu ntar diliatin sama teh irene. hahaha.

wassalam we er we be.



salam sono,



Adit
Minggu, Akhir Juli 200x



04.00 am



*rrrt...rrrt...rrrt....rrrt...rrrt...rrrt...rrrt*



suara getaran hp yang panjang langsung menembus alam bawah sadarku, seolah-olah menginterupsi mimpi yang sedang asik diputar oleh otak kananku ini. seperti orang yang sedang dihipnotis, yang hanya dengan satu jentikan jari saja langsung tersadar dari alam sadarnya. begitu pula aku, langsung tersadar dari sebuh mimpi ketika mendengar suara dari hp yang bergetar di atas meja belajar.

dengan perasaan kesal aku beranjak dari tempat tidur, mengambil hp dengan mata yang masih setengah terkatup ini kemudian menekan keypad untuk menerima sebuah panggilan dari seseorang. sesaat setelah aku bangun, tiba-tiba ada sebuah foto yang jatuh dari bajuku, foto yang hampir selalu aku pegang ketika mau tidur. fotonya adit. refleks, aku langsung memungut foto yang jatuh itu, kemudian menggenggamnya dengan erat dengan tangan kanan, sementara tangan kiriku memegang hp yang masih bergetar itu.



"halo...." jawabku malas dengan suara yang bernada khas orang yang baru saja bangun dari tidurnya.



"panji?" tanya suara yang terdengar berat di ujung sana.



"iya, ini siapa? malem-malem koq telfon?" tanyaku sambil mengucek-ngucek mata.



"malem?? ini teh udah pagi nji! udah jam 4 subuh woy!" teriak suara di ujung telfon.



"adit???" tanyaku dengan mata terbelalak saking kagetnya, sampai rasa kantuk yang semula masih hinggap tiba-tiba terbang menghilang entah kemana.



"iya nji. ai kamu teh tadi masih tidur?" tanya adit dengan logat sunda nya yang khas.

(ai = klo)



"iya lah, orang masih jam 4 pagi. tumben kamu telfon?? pagi-pagi lagi. biasanya juga cuma sms doang." tanya aku dengan nada bicara yang dibuat sewajarnya, berusaha menutupi perasaan bahagia yang sedang meletup-letup.



"kan aku udah bilang mau telfon hari minggu. ai sekarang teh hari minggu kan?" tanya adit




"hoahm...iya sih." jawabku sambi menguap lebar.



"tunduh keneh nji?"

(masih ngantuk nji?)



"ngga koq dit. ngga ngantuk. cuma lagi pengen nguap aja."



"oh...sugan. ai kamu di bandung teh tara solat malem deui?"

(oh kirain. kamu selama di bandung udah jarang solat malem lagi ya?)



"klo hari minggu mah libur dulu solatnya dit. kan tanggal merah. hehehe."



"eleuh...solat teh bisa pere oge nya nji?"

(haduh...solat tuh ada liburnya juga ya nji?)



"eh, kamu telfon dalam rangka apa dit? tumben banget." tanyaku dengan maksud mengalihkan pembicaraan.



"emang ngga boleh ya klo aku telfon?"



"eh, boleh, boleh banget dit. apalagi klo tiap hari telfonnya." jawabku dengan nada bercanda, padahal maksudnya serius.



"sok weh, asal kamu nu ngeusian pulsana. da awis di dieu mah pulsana."

(boleh aja, asal kamu yang ngisiin pulsanya. disini mah harga pulsa nya mahal)



"males banget. hehehe. eh, kamu gimana kabarnya dit?"



"alhamdulillah baik. kamu sendiri gimana? udah pinter belom di sekolah teh?"



"hehehe...sialan kamu dit. kabar aku hari ini mah baiiiiiiik banget." jawabku riang gembira, karena mendapat telfon dari adit.



"eits...meni bingah kitu. bingah kunaon ieu teh? pasti poe ieu dek bobogohan nya?"

(eits...kayanya bahagia banget nih. bahagia kenapa nih? pasti hari ini mau pacaran ya?)



"mau pacaran gimana, wong pacar aja aku belum punya dit."



"bohong ah kamu mah. ai kata si andreas kamu udah punya pacar nji?"



"masa??? bohong tuh anak."



"yang bohong teh kamu apa andreas?."



"sumpah. beneran aku belum punya pacar dit. kamu kali yang udah punya pacar disana."



"eh, koq malah kamu yang nyerang balik. udah, jangan mengalihkan pembicaraan. hayo ngaku, itu foto siapa yang suka kamu pegang klo mau tidur?"



"hehehe. kata siapa aku suka megangin foto klo mau tidur??" tanyaku sambil memandang foto yang sedang aku pegang di tangan kananku ini.



"kata andreas. foto siapa itu teh nji? urang bandung? geulis teu?"



"iya orang bandung dit. heuheu." ucapku malu-malu, sambil tetap memandangi foto aku dan adit yang sedang berangkulan satu sama lain.



"edas euy! gaya lah kamu nji. baru juga sebentar di bandung, langsung dapet kecengan. kenalin atuh sama aku."



"hmm...ntar aja deh dikenalinnya. klo udah jadi pacar. hehehe."



"wanjisss...panji...panji...sekarang kamu udah gede ya nak. hahaha."



"sialan kamu dit. tapi aku masih ngeceng aja koq dit. belum berani ngomong sama orangnya langsung." ucapku sambil menggenggam dengan erat foto yang ada di tangan kananku itu.



"kaya andreas dong? udah nji, bilang aja langsung. ntar klo kelamaan keburu direbut sama orang lain."



"waduh jangan sampe direbut orang dong. aku ngga rela nih."



"cieee...udah dalem banget nih kayanya nji? siapa sih orangnya? aku jadi penasaran nji!"



"ada deh."



"yah...koq gitu sih?? udah mulai main rahasia-rahasiaan nih sama aku. ngga seru ah."



"bukan gitu dit, baru juga ngeceng, masa udah heboh. takut nanti ngga jadi. kan bisa malu aku dit."



"iya juga sih. tapi kamu tetep cerita sama aku perkembangannya. wajib. kudu. fardhu 'ain."



"iya dit. aku janji."



"terus sekarang perkembangannya gimana?? udah akrab belum nji?"



"hmm...lumayan dit."



"lumayan teh maksudnya gimana nji? udah ngobrol? telfon-telfonan? ato sms-an?"



"ngobrol mah seringt. tapi telfon jaraaaang banget, baru sekali. klo sms-an, cukup sering dit."



"wah bagus dong. daripada si andreas yang ngga jelas. hehehe."



"ya gitu deh. tapi itu juga cuma ngobrol biasa dit, aku ngga berani mesra-mesra gimana gitu."



"lho kenapa nji? rayu-rayu dikit lha..."



"ngga mau ah, nanti dianya malah ngejauh klo aku terang-terangan ngerayu dia."



"emang dia orangnya pemalu yah nji?"



"hmm...ngga juga sih. bukan dianya, tapi akunya yang pemalu dit. hehehe."



"dasar. trus, gimana caranya dia bisa tau klo kamu suka? kan katanya kamu pemalu."



"hmm...aku mau nulis surat aja dit."



"surat? emang masih jaman yah surat-suratan?"



"lho, bukannya kita juga masih suka surat-suratan?"



"hehehe...iya sih, tapi itu kan beda nji. emang apa bedanya nulis surat sama ngomong langsung?"



"aku kan bisa lebih bebas nuangin perasaan aku klo lewat surat. klo ngomong langsung, mana bisa?"



"wah, bener juga sih. nanti kira-kira reaksi dia apa ya waktu baca surat kamu nji?"



"aku mau jadi secret admirer aja dit."



"maksudnya?"



"ya aku nulis surat buat dia, tapi aku ngga kasih tau identitas aku. gimana dit?"



"percuma dong klo gitu nji."



"daripada aku ngga ngapa-ngapain dit? cuma diem aja. cape juga kan?"



"aku dukung nji. tapi kamu jangan lupa belajar. jangan mikirin kecengan kamu terus."



"hehehe, ya ngga lah dit. hmm...mulai besok aku nulis suratnya deh. nanti hari senin aku selipin di tas dia." ucapku berbohong.



"wah, kamu nekat juga ya nji. gitu dong jadi cowo, harus berani ngambil resiko."



"nanti suratnya aku kirimin ke kamu juga ya dit?"



"hah? ngapain?"



"kan kamu tadi bilang aku harus ceritain perkembangannya sama kamu. ya udah sekalian aja aku kirimin suratnya ke kamu."



"boleh juga tuh. tapi apa ngga pegel nulisnya nji?"



"ya ngga lah, yang aku kasih ke kamu fotokopinya aja. sekalian kamu koreksi suratnya."



"emangnya ulangan?? pake dikoreksi segala."



"hehehe. eh iya dit, nanti kamu jangan bilang-bilang sama andreas yah?"



"kunaon kitu?"

(emang kenapa gitu?)



"ya dia kan orangnya suka ngerecokin. nanti aku sendiri aja deh yang kasih tau dia." jawabku asal.



"bener oge sih. da si eta mah osok hayang nyaho urusan batur."

(bener juga sih. dia mah suka pengen tau urusan orang lain aja.)



"makanya, nanti bisa-bisa pengumuman sama orang sekampung dit. bisa malu aku."



"di cacag weh mun kitu mah nji."

(di cincang aja nji.)



"hehehe. eh dit, udah adzan nih, aku mau solat dulu."



"sok atuh mangga. diantosan nya serat na."

(iya silahkan. ditunggu ya kiriman suratnya.)



"sumuhun dit."

(iya dit.)



"tah kitu atuh nyarios sunda. pan resep urang teh..."

(nah gitu dong, ngomong sunda. kan akunya seneng...)



"hehehe. iya. assalamualaikum."



"walaikumsalam."
begitu selesai menelfon, aku langsung merebahkan diri di kasur sambil menghela nafas yang panjang kemudian menghembuskannya dengan kasar. argh! gila..gila..gila! ngomong apa aku barusan??? mau ngirim surat cinta?? dasar panji begooooo!!! kenapa aku harus pura-pura punya kecengan segala, padahal tinggal bilang aja ngga ada. beres perkara. aku tuh orangnya suka kebawa suasana deh, cuma gara-gara kesenengan di telfon sama si adit, jadi ngaco gini ngomongnya.

sekarang harus gimana dong?? aku kan belum pernah bikin surat cinta-cintaan. nanti mau nulis apa??? masa mau aku tulis ; "dear adit, udah lama aku suka sama kamu, sayang sama kamu. would you marry me???" ntar bisa berbusa mulut dia waktu baca suratnya. bego bego bego!, aku berteriak dalam hati.

hampir setengah jam lamanya kepalaku pusing memikirkan pemecahan masalah ini. akhirnya aku memutuskan untuk menyerah dan segera beranjak keluar kamar untuk mengambil air wudhu, kemudian menunaikan sholat subuh. sewaktu solat, selesai takbir, aku membaca doa iftitah. sayang, bukannya doa iftitah yang kubaca, melainkan nama adit...adit...adit...adit terus yang aku lafalkan dalam hati. karena bingung, akhirnya aku melewatkan doa iftitah dan langsung membaca surat fatihah, sewaktu di penghujung fatihah, siratalladzinna an'amta 'alaihim ghairil maghduu bi'alaihim waladdhoollliiiiin, aaadiiiitttt.


"astaghfirullohalladzim! harusnya kan amin! kenapa jadi adit!" ucapku dalam hati.


langsung aku membatalkan solat, kemudian memukul-memukul kepalaku sendiri dengan tangan. aku mencoba menarik nafas panjang, berusaha untuk menenangkan diri. setelah agak tenang barulah aku mulai sholat lagi. sayang, usaha aku untuk berkonsentrasi kembali gagal. sudah 3 kali aku membatalkan sholat gara-gara tidak khusyu karena terus memikirkan adit.

aku bergegas keluar kamar untuk kembali mengambil air wudhu. kali ini, aku siram kepalaku dengan gayung air berkali-kali, siapa tau pikiran-pikiran tentang adit terbawa mengalir bersama air yang aku siramkan itu. sialnya, pikiran-pikiran tentang adit ibarat pohon yang tumbuh semakin subur sewaktu disiram air, bukannya menghilang malah semakin menjadi-jadi.

karena stres, aku akhirnya menenggalamkan kepala kedalam bak berisi air, kemudian membuka mataku di dalam air. bukannya adit menghilang dari pikiran, malah mataku jadi bengkak-bengkak dan berwarna merah karena kemasukan air. baju yang semula kering kini menjadi basah kuyup, sampai sarung yang aku gulung di sekitar pinggang pun ikut menjadi korban. aku berjalan keluar dari kamar mandi dengan langkah yang gontai, sementara tetesan air mengucur deras dari rambutku yang basah, meninggalkan jejak tetesan air di lantai. persis anak tuyul berkepala botak yang baru saja keluar dari bak mandi.


"adiiiiiit! kamu harus tanggung jawab!!!" erangku dalam hati sambil mengeringkan tubuh dengan handuk.
Senin, Agustus 200x



*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar