Jumat, 11 Juli 2014

NYAHO

"gw juga kagum koq sama lo sop. hehe. ya gw ngga tau. yang jelas gw sayang sama lo. TITIK."


"trus...kita teh sekarang gimana?"


"ga tau juga sop. hehe...lo mau nya gimana? gw mah terserah lo aja deh sop."


"ma...makanya gw bingung gi...bukan nya gw ngga mau ngomong. atau takut ngomong. masalahnya gw bingung nanti klo udah ngomong gw mesti ngapain? jujur gw seneng banget gi. sumpah seneng banget. tapi gw juga bingung sekarang gw harus kaya gimana."


"yee...harusnya yg bingung tuh gw. kenapa gw bisa suka sama lo ya sop? haha...tapi gw mah males mikir ribet ah. yang jelas gw sayang sama lo, lo sayang sama gw. hayu sayang-sayangan. hihihihi..."


"heuheu...dasar lo gi...emang dasar blegug permanen. ya udahlah gi, gw juga ga maksa buat pacaran. yang penting sekarang lo udah tau perasaan gw...itu aja udah cukup"


"ok sop. gw ngikut apa kata lo aja deh. yang penting lo seneng."


"makasih gi. eh...lo nanti ngga akan bilang sama siapa-siapa kan?"


"hooo...nanti gw mau pasang pengumuman pake speaker masjid sop...trus gw pengen tempel juga di mading. ato malem2 gw telfon radio ardan trus gw bilang klo gw sayang sama lo sop."


"GELO SIAH!!!! DIBABUK KU AING MANEH GI!!!!"

(dasar gila!!! gw hajar lo gi!!!)


"HAHAHA...ya moal atuh sop. gila ajah...hahahaha..."

(moal = ngga)


"heu...dasar. eh gi, ngomong2 klo laki2 sama laki2 pacaran nya gimana yah? "


"ah urang ge teu ngarti mun lalaki jeung lalaki bobogohanna kos kumaha. da maneh mah teu bogaeun tete...jadi teu bisa digerepe-gerepe ku urang. teu resep ah bobogohan jeung maneh mah. hehehehe......"

(ah gw juga ga ngerti klo laki-laki sama laki-laki pacaran nya kaya gimana. da lo mah ga punya tete...jadi ga bisa gw grepe-grepe. ga seru ah pacaran sama lo mah)


"hahahaha..anjiss...maneh baheula sok ngagerepe si lia nya gi? hayo ngaku siah?"

(hahahaha...anjrit...lo dulu suka grepe-grepe si lia ya gi? ayo ngaku?)


"pernah sie...ngan tilu kali hungkul. maneh tong jeles ka urang nya."

(pernah sie...baru 3 x doang. lo jangan jeles sm gw ya.)


"hih...dasar maneh mah cunihin beul. urang jadi sieun digerepe ku maneh."

(hih dasar cabul lo gi. gw jadi takut digrepe sama lo)


"eleuh...pan maneh euweuh tete-an beul. ato jangan-jangan maneh boga nyak? hahahaha"

(aduh...kan lo ngga punya punya tete sop. ato jangan-jangan lo punya ya? hahaha)


"sia euy! ya bisi maneh ngagerepe nu sanes gi. hahaha."

(lo tuh! ya barangkali aja ntar lo grepe-grepe yang lain gi. hahaha)


"hih...eta mah kahayangna maneh! hahaha...kajeun teuing urang bogoh ka maneh...ngan urang mah teu beuki ngagerepe nyanyut maneh."

(hih...itu mah lo nya yang pengen! hahaha...biarpun gw suka sama lo...tapi gw ga tertarik buat grepe-grepe kanjut lo)


"ih...jorok ah ngomong nya. hahahaha. beul...urang keur bungah pisan siah..."

(gi...gw lagi seneng banget lho...)
"bungah kunaon sop?"

(seneng kenapa sop?)


"akhirnya bisa ngomong juga ke maneh. sumpah....bungaaaaaahh pisaaaaaannnn."


"ah...urang mah biasa weh..."

(ah...gw mah biasa aja)


"naha biasa wae? maneh nyesel bogoh ka urang?"

(koq biasa aja? lo nyesel suka sama gw?)


"heuheu...heureuy atuh sop. piraku urang teu bungah sie sop? sok ayeuna maneh pegang dada urang, sumpah urang dag-dig-dug weh ti tadi sop. gara-gara maneh. kieu nya rasa na jatuh cinta teh..... asa teu pararuguh rasa siah sop. hehe."

(heuheu...becanda atuh sop. masa gw ngga seneng sih sop? sok sekarang lo pegang dada gw, sumpah dari tadi gw deg2an. gara-gara lo. gini yah rasanya jatuh cinta teh.)


sofi pun hanya tersenyum manis mendengar kata-kata gw.


"seuri maneh..."

(apa lo ketawa....)


"hahaha...atuda getek urang ngadengena. tapi urang jadi nyesel siah gi...."

(hahaha...habis geli sih gw dengernya. tapi gw jadi nyesel tau gi...)


"nyesel kenapa sop?"


"nyesel kenapa ngga dari dulu aja gw bilangnya. kenapa baru sekarang ya."


"hahaha...atuh maneh mah cicingeun wae. mun ceuk om bob foster mah, maneh teh penganut hukum newton I"

(hahaha...habis lo tuh pendiem banget. klo kata om bob foster mah, lo tuh penganut hukum newton I)


"hukum newton I? hmm...'sebuah benda akan tetap diam atau bergerak lurus beraturan kecuali ada resultan gaya lain yang bekerja padanya' hahaha...bener juga yah gi...gw bakalan tetep diem klo lo ngga mancing-mancing gw."


"haha...emang."


"atuh gi....urang mah sieun mun urang ngomong bogoh ka maneh teh, nanti malah bisa-bisa kena hukum newton III."

(habisnya gi...gw tuh takut klo misalnya gw ngomong suka sama lo, nanti malah bisa-bisa kena hukum newton III.)


"hmm..hukum newton III teh nu mana sih sop?"

(hmm...hukum newton III teh yang mana sih sop?)


"itu... F aksi = (-) F reaksi. kan bahaya gi, klo gw suka, berarti lo nya nggak suka."

(F = gaya / resultan gaya)


"anjis maneh...abong2 rengking hiji, malah ngetes urang. hahaha."

(anjrit lo...mentang-mentang rengking 1, malah ngetes gw. hahaha)


"pan ayeuna maneh rengking tilu gi. hehehe..."

(kan sekarang lo rengking 3 gi.)


"ah..eta mah rengking teh meunang doorprize. untung-untungan weh..."

(ah...itu mah rengking nya itung-itung dapet doorprize. untung-untungan aja)


"hahaha...dasar lo gi. emang dasar blegug permanen."


"hehe...tapi lo tetep suka kan?"


"iya. suka banget malah. "


"haha...sarua urang oge. eh sop, tingali eta aya tukik meni loba!"

(haha...gw juga sama. eh sop, liat itu ada tukik (anak kura-kura) banyak banget)


"eh iya geuning loba...ambil gi ambil..hahaha...ih meni lucu pisan siah..."
"iya sop...lucu bangettttt.....hahaha" teriak gw sambil mengambil salah satu tukik yang sedang berusaha berjalan ke arah laut.


"nih sop liat...lucu banget ya?" ucap sambil meletakkan tukik tersebut di atas telapak tangan gw
"iya gi...gw pengen ngelus dongg...."


"nih sop. eh iya sop...urang ada ide nih..."


"hmm..ide apa gi?" tanya sofi sambil asik mengelus-ngelus tukik.


"gini nih sop..." lalu gw berbalik arah...sehingga muka gw dan sofi berhadap-hadapan. gw meletakkan tangan gw diantara muka kita berdua, dan si tukik itu gw letakkan di atas tangan gw.


"mau ngapain nih gi?"


"kita namain dulu tukik nya gi, baru nanti gw jelasin. hmm...kita namain Aep aja yah."


"Aep??? eta mah tukang bubur di kantin sabelah! euweuh ngaran deui kitu? nu rada alus?"

(aep?? itu mah tukang bubur di kantin sebelah! emang ga ada nama yang lain? yang bagusan?)


"hahaha...biarin ah. udah biar cepet ajah. nih sekarang lo bisikin nama lo ke dia, gw duluan ya. NAMA URANG, YUDHA ARGIAN SASTRANEGARA. sok ayeuna maneh beul...." ucap gw sambil membisikkan nama gw ke arah kepala tukik.

(sok ayeuna maneh beul = sok sekarang giliran lo sop)


"ini teh telinganya yang mana? leher semua ini mah"


"ah sama ajalah...udah cepetan."


"hehe...iya-iya...NAMA URANG SOFI ARDAN PRASETYO. udah gi, trus gimana nih?"


"Sekarang giliran gw lagi...URANG, YUDHA ARGIAN SASTRANEGARA BOGOH PISAN PISAN KA SOFI ARDAN PRASETYO. sok sekarang giliran lo sop."

(bogoh pisan = suka/sayang banget)


"Hahaha...dasar ih. iya-iya. URANG SOFI ARDAN PRASETYO BOGOH PISAN PISAN OGE KA YUDHA ARGIAN SASTRANEGARA . udah gi...ini teh kaya gini buat apa sih gi?"

(bogoh pisan oge = suka/sayang banget juga)


"gpp sih sop...gw cuma pengen aja si aep jadi saksi."


"saksi apaan gi?"


"saksi klo gw pernah suka sama lo,dan lo juga pernah suka sama gw sop. cuma yang di atas, kita berdua, sama aep aja yang tau klo gw sayang banget sama sofi ardan prasetyo."


"oh gituu...kasian yah si aep kecil-kecil udah jadi korban kita berdua. hahaha."


"hahaha...iya bener sop. eh kita lepasin si aep ke laut yuks...mudah2an dia tetep hidup yah sop."


"emang klo tetep hidup kenapa gi?"


"ya klo dia tetep hidup kan, nanti dia bertelur lagi kesini, nanti rahasia yang udah kita kasih tau ke dia, dia bilangin sama anak2nya, nanti anak2nya klo punya anak juga bilang hal yang sama ke anak2nya lagi. jadi nanti kisah gw sama lo, tetep ada yang jaga sop. hehehe..."


"bisa aja lo gi...biarpun ini dilarang yah, tapi sumpah gw bahagia banget pernah suka n sayang sama yang namanya yudha argian sastranegara. hehehe..."


"iya dong. harus itu mah. hehehe...yuk ah kita lepasin si aep..."


lalu gw melepaskan aep dari genggaman tangan...dan membiarkan dia pergi menuju laut bebas...pergi ke tempat dimana ibunya berada. bye aep....
pulang yuk sop...laper nih...hehehe"


"hayyyyu...."


"eh sop sini dong jalan nya jangan jauh-jauh...gw kan pengen pegang tangan lo. kan sekarang kita udah...."


"iya gi...hayo...udah apa? katanya lo ngga mau pacaran sama cowo?"


"hahaha...ngga tau deh namanya apaan. yang penting hari ini gw udah punya orang yang gw sayang. banget malah."


"iyah kasep...gw....eh koq kynya ngga asik yah klo panggil gw-lo."


"ya udah...akyu kamyu aja sop. hahahaha."


"ihhhh...ngga mau ah...geliii..."


"haha...sama, gw juga geli. hmm...apa yah? 'cin' aja atuh sop...biar mesra."


"cin? mecin?? embung ah...ntar klo anak-anak denger gimana??"

(embung = ngga mau)


"hahaha...iya juga yah...apa atuh enaknya? 'say' aja tuh. gmn?"


"say? sayur? sarua atuh...nanti yang lain curiga."

(sarua = sama)


"terus apa dong sop?"


"hmm...urang mah rek manggil maneh BIP!"

(hmm..gw pengen manggil lo BIP)
(BIP = bip ; bukan be-i-pe)


"naha BIP??"

(naha = kenapa)


"Pan maneh anak gaul BIP (Baca ; Be-i-Pe). hahahaha"

(BIP = Bandung Indah Plaza, sebuah mall (baca ; emol))


"anjisssss....geuleuh! trus urang manggil maneh naon sop? yogya? hero? atawa giant??"

(anjritttt....ngga banget! trus gw manggil lo apa sop? yogya? hero? ato giant?) (maklum, dulu belum ada BSM,Ciwalk,PVj,de-el-el)


"hahahaha....ngga kreatip ah si BIP mah..."


"aaaahhh....ngga mau dipanggil BIP....hmm....ya udah atuh urang manggil maneh CEPOT!!! hahahaha..."


"ih geuleuhhh....ngga mauuuuu...."


"hahaha...ya udah ah...sekarang mah panggil nama aja biar ga repot. okeh pot, eh sop?"


"heuheu...dasar BIP. yuk ah balik."


gw dan sofi lalu kembali ke penginapan dengan naik sepeda. tapi sekarang gantian gw yang ngebonceng dia. hehehe....

yang pasti gw saat ini mengendarai sepeda dengan perasaan yang sangat sangat sangat sangat BAHAGIA.



- KU BAHAGIA -




By ; Melly Goeslaw (ost AADC)



Di atas bumi ini ku berpijak
Pada jiwa yang tenang di hariku
Tak pernah ada duka yg terlintas
Ku bahagia

Ingin ku lukis semua hidup ini
Dengan cinta dan cita yang terindah
Masa muda yang tak pernah kan mendung
Ku bahagia

(Chorus)

Dalam hidup ini
Arungi semua cerita indahku
Saat - saat remaja yang terindah
Tak bisa terulang

Ku ingin nikmati
Semua jalan yang ada di hadapku
Kan ku tanamkan cinta tuk kasihku agar
Ku BAHAGIA
09.00 am




"say...mau kmu duluan yang mandi atau..mau bareng? hahaha" tanya gw.


"sssssssst...jangan ngomong gitu ah. ntar klo kedengeran sama yang lain gimana coba?"


"duh segitu takutnya. kan di kamer gda orang lain lagi."


"yeee...tetep aja ga boleh gi. udah deh pake gw - lo aja kaya biasa. ok?"


"ngga enak tau sop...masa gw-lo."


"emang sih...ya udah deh...aku - kamu ajah gi. hihihihi."


"ok cintaaaaaaaa."


"ah ga tau aaaaaaahhhh...ngga dengeerrr.....mau pura-pura tidur ajaaaaaa."


"hahaha dasar. ya udah aku mandi duluan yah sop."


"eh bentar gi, mau wudhu dulu bentar."


"hah, wudhu? emang mau ngapain?"


"mau solat dhuha gi."


"tumben sop?"


"iyalah...kan barusan dapet rejeki nomplok. jadi harus bilang makasih dulu gi."


"emang dapet rejeki apaan sop? dapet lotre?"


"ih......lebih dari dapet lotre kali gi."


"oh ya? emang dapet apaan sop?"


"ya ini...jawaban nya ya orang yang ada di depan aku ini."


"hiyaa...jadi maluuuuuuu...."


"oh...masih punya malu ya gi? kirain udah ngga."


"hahaha...sial. udah sana cepetan wudhu."


"iya."



beberapa menit kemudian....



"udah wudhunya?"


"iya gi, sok gantian kamu yang mandi sekarang."


"sop..."


"apa gi?"


"pengen peluk dong."


"ih, bukan muhrim. nanti wudhunya batal."


"lho kan sekarang udah jadi muhrim. hahahaha....."


"hahaha...dasar. udah cepetan mandi. aku mau sholat. hush hush...."


"hehe...iya deh...doain aku jg ya sekalian."


"mau di doain apa?"


"hmm...doain aku supaya bisa inget terus sama kamu."


"iya iya...udah sana ah mandi"


"colek dulu ahhh..." ucap gw sambil mencolek pantat sofi, lalu langsung kabur ke kamar mandi.


"argiiiiiiiiiii................!!!!!"


"hahahahaha............" teriak gw puas dari dalam kamar mandi.
11.00 pm




kita semua sekarang sudah berada di dalam mobil. rencana nya sih mau langsung ke citarik buat rafting. tadinya, kita mau lebih lama lagi di ujung genteng, tapi berhubung mas arya waktu liburnya nya terbatas, jadi rencana awal dipercepat. jadi siang ini kita rafting, terus malem nya langsung nginep di selabintana.

"dan...tuker tempat duduk y?" pinta gw kepada danu.


"lho kenapa emangnya gi?" tanya danu.


"gpp...lagi pengen nyantai aja di belakang. sekali-kali gantian lo nemenin mas arya dan..." bujuk gw.


"hmm...oke deh. mas arya nya gpp nih gw duduk di depan?" tanya danu.


"ya gpp lah...lo kan udah akrab ini dan." ucap gw.


"ok deh..." jawab danu.


yesss...berhasil. hehehe...akhirnya gw berhasil ngebujuk danu buat tukeran kursi sama gw di depan. gw lagi pengen duduk di belakang soalnya...biar bisa bareng sama sofi. hehehe....


"lho...pindah ke belakang gi?" tanya mas arya.


"iya mas...mau selonjoran dulu aja dibelakang. gpp kan?"


"ya gpp gi...asal ada yang gantiin kamu aja di depan, buat temen ngobrol biar ga ngantuk."


"ada tuh mas, si danu tadi udah mau tukeran."


"oh...oke deh gi."


berarti yang duduk di belakang, gw, sofi sama rashid. yah...biarpun masih ada pengganggu, yang penting bisa deketan sama sofi deh. hehehe....
"lho gi...maneh pindah di belakang?" tanya sofi


"iya sop. biar bisa deket sama pacar. hahahaha" bisik gw.


"ssssst.....berisik ah. dasar kamu..eh..lo mah susah dibilangin."


"iya iya...tenang aja sop. eh, gw duduk di tengah ya shid?" tanya gw kepada rashid.


"oke boss...gw juga emang mau di pinggir nih, biar tidurnya enak gi. haha."


"ah dasar kebo. sare wae..."

(sare wae = tidur aja)


"atuh pararegel badan urang teh gi...kurang sare pisan. emang maneh henteu gitu?"

(habisnya badan gw pegel2 gi...kurang tidur. emang lo ngga yah?)


"pegel oge sih...ieu tuur teh asa leuleus pisan siah shid..."

(pegel juga sih shid. ini lutut berasa lemes banget tau shid.)


"ah...eta mah loba teuing coli maneh gi. matak leuleus."

(ah itu mah lo nya kebanyakan coli gi. makanya lemes)


"hahaha...sigana mah heu euh shid..."

(hahaha...kayanya sih iya shid)


"heh...masih kecil udah sering coli aja nih anak. bilangin teteh lho..." celetuk mas arya.


"ih mas arya mah kaya ngga tau anak muda aja. hahaha."


"jangan dibuang-buang atuh kecebong teh. mubazir gi..." ucap mas arya.


"ya udah mas, nanti mah ditelen aja klo habis dikeluarin.biar ngga mubazir. hahaha."


"hahaha dasar anak jaman sekarang..."


"ah...emang mas arya dulu ngga pernah coli?" tanya gw.


"ya pernah lah gi. sekarang jg masih. hahahahahaha....." jawab mas arya.


"ye...sugan teh alim, ternyata lalim oge." ucap gw.

(ye...kirain teh alim, ternyata lalim juga)


"atuh namanya juga laki-laki bos..."


"eh gi...emang maneh mun coli make naon?" tanya danu.

(eh gi...emang klo lo coli, pake apaan?)


"hmm...pake tante lux dan...ari maneh?"

(ari maneh = klo lo?)


"tante lux? tante-tante maksudnya? tanya mas arya.


"bukan mas. tante lux teh temen nya tante lifebouy." jawab gw.


"yahhh....masih pake sabun batangan...ganti dong."


"wah...emang enaknya pake apaan mas?" tanya danu penasaran.


"pake sunlight dan...biar keset." jawab mas arya.


"hidihhh...kenapa ngga sekalian pake bayclin aje biar putih...." balas gw.


"sia euy!" jawab danu.
12.00 pm




rashid yang duduk di sebelah gw sudah tertidur pulas. maklum, perjalanan ke citarik, cukup menyita waktu juga sih. tapi baguslah, jadi gw bisa bebas ngobrol sama sofi deh.


"Sop...gw gatel nih..." (sesuai perjanjian klo lagi di depan publik, kita panggil gw-lo seperti biasa)


"gatel kenapa gi?"


"gatel pengen pegang tangan lo nih. hihihihi..." bisik gw kepada sofi.


"ih ni anak ngga bisa diem. itu nanti kedengeran sama yang lain." jawab sofi sambil berbisik pula.


"sop...atulah...pegangan tangan yuks..nanti gw tutupin bantal deh diatasnya. oke?"


"ngga mau ah...ntar keliatan sama yang lain."


"ya ngga atuh...kan ditutupin bantal."


"ntar ngga curiga yah?"


"ya ngga lah...tenang ajah. sebentar doang koq sop..."


"hehe...iya2. gw juga pengen sie sebenernya gi...tapi malu."


akhirnya tangan kanan gw menggenggam tangan kiri sofi, dan diatasnya gw tutupin bantal plus jaket. huft...ribet amat nih mau pegangan tangan doang.
"sop..."


"apa lagi?"


"tangan lo anget..." bisik gw.


"iyalah. klo dingin mah mayat." balas sofi.


"hih serem amat omongan nya."


"habis lo suka ada2 aja gi."


"gw koq deg-degan yah sop..."


"iya sama gw juga gi...tapi seneng koq. hehe..."


"padahal gw udah sering ah pegang tangan lo sop. tapi koq sekarang rasanya beda yah?"


"emang sekarang rasanya gimana gi?"


"hmm...anget...tapi ada nyetrum2nya gitu sop...hihi."


"nyetrum? emang tangan gw stop kontak?"


"ih beneran ini mah."


"iya-iya...percaya gw."


"klo lo sendiri ngerasain nya gimana sop?"


"mau jujur apa boong?"


"yg jujur aja deh sop..."


"ya udah, rasanya geli. saking geli nya, 'adek' gw sampe bangun gi"


"geblek!! itu mah horny dodol!!!!"


"hahaha...emang bener ih. katanya suruh jujur."


"hih parah maneh. baru pegangan tangan aja udah horny. apalagi pegang yang lain"


"emangnya lo mau pegang apalagi gi?"


"pegang kepala lo terus gw jitak! hahaha...."


"hihi...dijitaknya pake bibir aja ya biar ngga sakit..."


"heu...pengennya. eh sop, tumben lo nggga pake kacamata?"


"iya gi, emang sengaja ngga pake. keliatan aneh ya klo ngga pake kacamata?"


"ngga sih...tumben aja. emang jelas yah klo ga pake kacamata?"


"klo liat lo mah jelas gi, tapi klo liat yang lain burem. hehehe...."


"ya iyalah jelas, orang ada disebelah. bisa ngegombal juga nih anak. hahaha"


"ketularan lo nih gi huhuhu...eh iya gi, makasih yah."


"makasih buat apa sop?"


"makasih udah mau sayang sama gw."


"hmm...klo gitu gw juga mau bilang makasih deh sop."


"buat?"


"makasih udah mau disayang sama gw."


"hahahaha....anjiss...ternyata tetep maneh nu paling gombal gi."


"ssst...jangan keras2 ah. nanti kedengeran. hihihi."


"gi...."


"apa?"


"gw ngantuk nih...."


"ya udah tidur atuh sop..."


"gw nyandar di pundak lo, boleh?"


"jangankan di pundak, di pantat juga boleh. apa sih yang ngga boleh buat lo?"


"hihihi...makasih yah say..." bisik sofi.


gw hanya menjawabnya dengan genggaman tangan yang jauh lebih erat dari sebelumnya.
13.30 pm




kita sampai di lokasi arung jeram, setelah sebelumnya sholat terlebih dahulu. Sebelum ke lokasi rafting, diperlukan beberapa persiapan. Mulai dari pemakaian perlengkapan safety yang digunakan, seperti helm dan pelampung dan juga dilakukan briefing yang dipimpin oleh instruktur untuk menjelaskan komando-komando yang harus peserta ketahui selama dalam perjalanan.

Ada beberapa istilah/komando yang sering digunakan oleh guider tergantung dari situasi yang dilewati, seperti �boom� yang berarti harus menunduk, �maju� yang berarti harus mendayung ke depan, �mundur� yang berarti harus mendayung ke belakang,�stop�, �geser ke kiri� , �geser ke kanan�, �goyang-goyang� yang berati harus menggerakkan perahu, dll.

dan untuk kepentingan keselamatan, para peserta tidak boleh melakukan �tindakan� apapun tanpa komando dari guider. Kerjasama adalah kunci sekaligus tujuan dari olahraga air ini.

Cuaca cukup cerah waktu itu, sesekali terlihat biawak lagi berjemur di atas batu or lagi berenang. Ada juga beberapa duyung lokal yang item-item yang nyorakin kita dari pinggir sungai.

kita ambil paket yang 9 km aja, cukup dong�.soalnya badan udah lumayan pegel-pegel karena kurang istirahat. beberapa kilometer awal, Riam-riam berhasil dilewatin...tapi kok seringan perahunya jalan mundur ya..ngedayungnya gak kompak nih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar