Jumat, 11 Juli 2014

- MMS (Mau Mak Siat) -

Sabtu, 07.30 pm




"Haloooooo...." teriak gw di telfon.



"euh..gandeng! aya naon?" jawab sofi.

(euh...berisik! ada apa?)



"maneh dimana woy? urang stres yeuh nungguan maneh ti tadi." balas gw dengan nada yang setengah berteriak.

(kamu dimana woy? aku stres nih nungguin kamu daritadi)



"sori atuh. ini teh lagi main di tempat anak band." jawab sofi.



"anak band? saha? band naon??" tanya gw heran.

(saha ; siapa)



"ini, tambal band ay. motor aku ban nya bocor eung."



"bocor kunaon ai maneh? posisi ayeuna dimana?"

(bocor kenapa? posisi sekarang dimana?)



"teuing, sigana mah katojos paku. ieu teh keur di karapitan, deukeut jalan gurame."

(ga tau, kayanya sih kena paku. ini sekarang lagi di karapitan, deketnya jalan gurame.)



"ya nggeus atuh urang kaditu. tapi motor urang keur di serpis euy, keur ganti coli."

(ya udah atuh aku kesana. tapi motor aku lagi di serpis euy, lagi ganti coli.)



"dusun! ya entong atuh. sakeudeung deui da."

(jorok! ya udah jangan. sebentar lagi koq)



"tapi hati aku ngga tenang klo kamu ngga ada ay. kepala aku senut-senut gigi aku cekot-cekot." ucap gw dengan nada suara yang dibuat manja ala neng munaroh kepada bang mandra.



"najis! nya sok atuh buru kadieu. tapi rek numpak naon? pan motorna keur diserpis."

(najis! ya udah sok cepetan kesini. tapi mau naik apa? kan motornya lagi diserpis.)



"ngencot wae ah...kaliwatan angkot kalapa pan?"

(ngangkot aja ah...kelewatan sama angkot jurusan kalapa kan?)



"rada jalan saeutik lah. sok atuh buru."

(rada jalan sedikit lah. sok sini cepetan.)



"okay, ok ay." jawab gw lalu langsung menutup telfon.
setelah itu, gw langsung terburut-burut, eh terburu-buru memakai celana jeans yang tergantung di belakang pintu. ngambil dompet. masukin hp ke saku celana. sisiran. olesin minyak rambut. acak-acak rambut dikit. trus sisiran lagi. tiba-tiba gw baru inget klo gw belum ganti baju. huh...terpaksa ganti baju dulu deh. habis ganti baju, ngaca bentar, *ya ampun rambut gw jadi lepek gara2 ganti baju!* akhirnya terpaksa sisiran lagi. acak-acak rambut lagi. sisiran lagi. setelah merasa bosan ngeliatin muka orang ganteng yang ada di kaca, ritual kilat ini gw beri sedikit sentuhan pewangi ketek tapi bukan bedak bb harum sari yang bikin burket dan burketnya nempel terus kaya perangko.

hmm...ternyata masih kurang wangi euy! akhirnya gw beri lagi sedikit pinising toch berupa semprotan parpum, prot-prot-prot. cukup tiga kali semprot aja deh. tak lupa berarti inget, gw mengambil jaket andalan berwarna biru dongker. sebenernya cuaca bandung pagi ini cukup panas, tapi gapapa deh bawa jaket, siapa tau nanti di jalan ketemu wartawan, kan lumayan bisa buat nutupin muka. hahahaha. naon sih, apeu pisan.

(apeu ; apaan sihhhh...garing deh!)
untuk menunggu angkot jurusan kalapa-aceh 02 yang warna catnya hijau-merah itu, gw harus berjalan kaki dengan jarak tempuh kurang lebih 100 m (tinggal nyebrang doang sih). untung angkotnya langsung dateng tanpa perlu menunggu lama. waktu mau naik, gw sempet kuciwa karena harus kalah adu body sama seorang ibu-ibu berpantat lebar yang sama-sama mau naik angkot, untuk memperebutkan tempat duduk vip disebelah supir. yap, klo naik angkot, gw lebih suka duduk di depan supaya nanti klo turun ngga ribet dan pastinya ngga bakal kena marah supir yang suka teriak ; "7-5, 7-5!"

huft...untung waktu itu angkot yang gw naikin terbilang penuh karena ada delapan orang penumpang. suasana angkot mendadak berubah sepi sewaktu empat orang penumpang turun di perempatan jalan tamblong. sekarang, penumpang di angkot cuma tersisa empat orang ; gw, ibu-ibu yang bawa barang belanjaan, om2 yang keliatan nyentrik, sama nenek-nenek beserta seorang cucu laki-lakinya. si om2 nyentrik itu entah kenapa langsung menarik perhatian gw. dengan dandanan yang aneh, memakai kemeja, jaket kulit warna coklat, pake kacamata item tapi anehnya lagi megang koran. keliatannya sih lagi baca, tapi ya alloh...masa sih baca koran pake kacamata item. udah gitu bacanya halaman itu aja, ngga dibolak-balik. yang lebih aneh lagi, itu om2 duduknya malah mepet-mepet
ke arah si ibu yang bawa belanjaan, padahal kan tuh angkot lagi kosong.
melihat gelagat yang aneh itu, gw langsung berasumsi, si om2 nyentrik ini klo ngga tukang copet, jambret atau maling, pasti tukang ngambil barang orang secara paksa (lho..sama aja dong!).

om2 aneh itu tiba-tiba ngajak ngobrol si ibu yang tampak kelelahan sehabis belanja. lucunya si om ngomongin klo kemarin dia baru kecopetan di angkot lah, copet di gasibu lah, copet di pasar, dll. intinya itu om copet malah ngomongin copet. dasar aneh. si ibu itu juga dandanannya mengundang sih, gelang emasnya aja berapa biji, anting, kalung sama cincinnya juga ngga kalah heboh. itu ibu habis belanja apa habis kondangan! ato jangan-jangan habis dari pasar, dia mau langsung kondangan? au ah gelap.

si nenek yang duduk di depan si ibu keliatannya juga udah nyadar klo ada copet, makanya duduknya yang semula dipojokan langsung bergeser menuju tempat duduk di pinggir pintu. persis disebelah gw. cucunya yang semula duduk di kursi, langsung dipangku dengan erat sementara tangan kanannya terlihat memegang sebuah payung besar berwarna merah tua yang ujungnya terbuat dari besi.

waktu angkot melintasi daerah cikawao, si ibu tampaknya sudah mulai mengantuk dan dalm selang waktu yang tak beberapa lama , ibu itu akhirnya tertidur. melihat mangsanya sedang lengah, om itu langsung saja melucuti gelang, dan cincin yang ada di tangan korban. merasa tangannya digerayangi, ibu itu pun akhirnya tersadar dan berteriak cukup kencang. sempat terjadi pergumulan sengit antara si ibu dengan si om copet. mungkin karena kalah adu tenaga dengan sang ibu yang berukuran 'jumbo', si copet mulai merogoh saku celananya. mungkin bermaksud mengeluarkan peniti, pinset, atau malah pisau!

hebatnya, si nenek-nenek itu dengan sigap langsung menoyor kepala si copet dengan ujung payungnya yang terbuat dari besi. melihat ada sedikit kesempatan, supir angkot pun menghentikan laju mobilnya kemudian bergegas keluar dari angkot untuk membantu si ibu yang sedang memukul-mukul copet dengan tasnya. begitu gw yakin klo si copet tidak jadi mengeluarkan benda tajam, gw langsung menghajar si copet dengan mem-blind-pig (membabi buta)!

gw tinju mukanya berapa kali, terus kepalanya gw jedotin ke jendela. dan kakinya gw injek keras-keras. sialnya, si nenek -yang mungkin seorang psikopat- dengan sadisnya memukul copet itu berkali-kali dengan payung sampai wajahnya berdarah. melihat itu, gw justru langsung menenangkan si nenek yang belakangan gw panggil dengan nenek xena the warior princess! neneknya gahar euy!!!
Beberapa menit kemudian*



"Sop! sory yeuh urang lila." ucap gw kepada sofi yang sedang menunggu di pinggir jalan.

(sop! sory nih aku lama.)



"angger maneh mah. ari maneh teh tos ti mana?"

(kamu mah kebiasaan deh. emang kamu habis dari mana?)



"maap atuh. wah...panjang pisan euy ceritanya. ntar lah aku ceritain."



"ya nggeus atuh ayeuna rek kamana?" tanya sofi sambil menstarter motornya.

(ya udah, sekarang mau kemana?)



"maneh nggeus sarapan ncan?"

(kamu udah sarapan belum?)



"nggeus urang mah tadi di imah."

(aku mah tadi udah sarapan di rumah.)



"oh. ya udah sekarang mah kita langsung cabs aja ke kios ay, sekalian wawancara." ucap gw sambil duduk di motor sofi, bersiap-siap untuk berangkat pergi.



"ok." balas sofi lalu menyebrangkan motornya dan segera melaju kencang menuju jalan kalimantan.
selama di jalan, gw menceritakan kejadian copet ajaib yang tadi kepada sofi. sementara sofi cuma bisa keketawaan aja soalnya kebetulan gw emang jarang naik angkot dan sekalinya naik angkot, eh langsung ketemu copet.

hari ini sebenarnya ada banyak kegiatan, ada kegiatan ekskul, kumpul ini-itu, dan wawancara. tapi berhubung gw udah menyiapkan jadwal kheuseus mau ngebokep bareng si ayank, otomatis semua jadwal ngga penting langsung di cancel. cuma ada satu jadwal yang harus kita lakuin yaitu bertemu wawan yang punya acara alias wawancara untuk tugas bahasa indonesia.

wawancara teh sebenernya cukup simpel soalnya tema dan tujuannya kita sendiri yang nentuin. cuma syaratnya, yang diwawancara harus anak sekolahan sebelah. maka dari itu, gw dan sofi langsung berangkat menuju kios, sebuah warung yang sering dijadiin tempat nongkrong anak-anak sayap kiri (baca ; agak bandel) sekolahan sebelah. soalnya temen-temen gw kebanyakan nongkrong disitu. sementara sopi, dia mah maunya wawancara sama artis tenar kuningan yang sekarang menetap di bandung, panji. berhubung si artis kuningan lagi sibuk suting iklan sabun colek, wawancara dilakukan esok harinya di rumah gw sekalian si artis tersebut nganterin kue pesenan gw.
sesampainya di jalan kalimantan, tepatnya di depan kios, gw langsung memberi salam kepada beberapa orang anak yang udah pada sten bay di situ. ngga lupa gw juga ngenalin si sopi sama temen-temen gw itu. kan dimana-mana, yang namanya pacar teh wajib dikenalin sama temen-temen kita sendiri. betul? ya walopun sopi dikenalinnya bukan sebagai pacar sih. bisa bahaya ntar. hehehe.

untung, yang namanya sopi maropi itu walopun lugu dan kadang pemalu, tapi dia bukan tipikal orang yang ribet untuk kenalan sama orang-orang baru. malah, si sopi itu sebenernya gampang ngebaur sama yang lain cuma emang dia itu harus gw temenin dulu waktu pertama kali kenalan soalnya klo ngga digituin, pasti nanti sifat malu-malunya langsung kumat.

jadi kesimpulannya, gw seneng punya pacar kaya sopi karena dia orangnya ngga ribet, ngga banyak maunya, diajak kemana-mana juga hayu-hayu ajah, dan yang paling penting, si sopi teh orangnya bageur pisan. yah...walopun jenis kelaminnya itu sama aja kaya gw, tapi bukan masalah lah. gw juga bosen main bi liar mulu, sekali-kali boleh dong main anggar?
setelah gw menemukan orang yang bersedia untuk diwawancara, sofi kemudian mengeluarkan buku untuk mencatat, pulpen, dan sebuah kamera untuk ngejepret gambar dari orang yang akan kita wawancarai. tema wawancara yang gw angkat yaitu tentang musik. setelah semua persiapan beres, maka si wawan yang punya acara pun dimulai ;

keterangan ;

AG ; Argi Ganteng.
OB ; bukan opis boy, tapi tokoh yang gw wawancara, sebut saja namanya mawar, bukan nama sebenarnya.
AG : punten a, saya boleh wawancara?
OB : boleh


AG : boleh tau namanya siapa a?
OB : Ma'il


AG : sekolahnya dimana a?
OB : sma 'x' bandung


AG : alamatnya dimana a?
OB : kamu daritadi banyak nanya deh. mau kamu apa sih??


AG : mau wawancara a
OB : oh iya maap, saya lupa. sok atuh tanya jangan diem aja


AG : alamat sekolahnya dimana a?
OB : jalan belitung no.8, tapi sekolah yang bagusnya. bukan yang sebelahnya


AG : anjis! cengos maneh! (cengos ; belagu)
OB : apa kamu bilang? nama saya ma'il bukan ajiz! saya juga ngga tonggos!


AG : maap a, saya lupa klo aa teh conge. klo saya boleh tau, aa kelas berapa? (conge ; budek)
OB : kelas tiga


AG : aa ikut ekskul apa disekolah?
OB : ngeband tapi siang-siang. bukan yang malem-malem


AG : bedanya apa a?
OB : klo malem mah ngeband-cong bo! yu....


AG : udah lama main band?
OB : ah...ti baheula. ti jaman leuleutik keneh. (ah...udah dari dulu. ari jaman saya masih kecil.)


AG : tepatnya usia berapa a?
OB : 5 tahun


AG : 5 tahun??? wah hebat! aa waktu itu main band apa?
OB : band kepret


AG : band kepret?
OB : heu euh


AG : aliran musiknya apa a?
OB : pop religi


AG : mirip bimbo maksudnya a?
OB : oh bukan. saya mah ngga mirip kang acil (personel bimbo)


AG : maksud saya genre musiknya teh mirip bimbo?
OB : beda tipis


AG : biasanya nyanyi lagu apa a?
OB : ya nabi salam 'alaika ya rasul salam alaika


AG : itu mah tagoni a. bukan band
OB : tah...kan bener, band kepret. kepret rebana maksud saya


AG : sekarang aliran band nya masih pop religi?
OB : oh bukan. sekarang band saya alirannya metal


AG : ada faktor influence?
OB : tau aja klo saya lagi pilek


AG : maksud saya ada pengaruh dari band lain?
OB : ada. sepultura, metallica, skid row, de el el


AG : cadas euy! apa lagu terakhir yang baru aja aa dengerin?
OB : agnes monica, pernikahan dini


AG : yaolo. metal banget a
OB : iya. selow metal


AG : aa pegang posisi apa di band?
OB : kadang jadi kiper, kadang jadi striker


AG : serius nih a
OB : oh maap, saya jadi vokalis


AG : siapa penyanyi yang menjadi inspirasi aa dalam bermusik?
OB : darso duriat! (penyanyi lagu sunda)


AG : wanjeeeeng! alasannya?
OB : bicoz he's emejing!


AG : aa suka nonton konser musik?
OB : klo lagi punya duit aja


AG : konser musik paling heboh yang pernah aa tonton?
OB : tah eta, konser darso duriat di tegalega. udah gagayaan pake kostum maikel jekson, terus penontonnya teh lulumpatan sambil nyanyi ; 'boga kabogoh jauh meuntas laut leuweung gunung...' keren pisan lah!

(nah itu, konser darso duriat di tegalega. udah begaya pake kostum maikel jekson, terus penontonnya pada loncat-loncat sambil nyanyi ; punya pacar jauh menyebrangi laut hutan gunung...' keren banget lah!)


AG : klo band favorit dari indonesia?
OB : Jamrud


AG : alasannya?
OB : soalna urang cimahi, tatangga urang pisan (soalnya orang cimahi, tetangga saya banget)


AG : klo band favorit luar negeri?
OB : coba linkin park orang cimahi, saya pasti resep da (resep ; suka)


AG : siapa musisi rock indonesia yang menginspirasi aa?
OB : banyak pisan atuh


AG : sebut seorang aja a
OB : gito rollies!


AG : alesannya?
OB : siapa lagi yang berani tatalanjangan keliling bandung? he's autstending!


AG : klo lagu rock indonesia favorit aa?
OB : jarum-jarum neraka, nicky astria. hidup teh nicky!


AG : aa pernah manggung?
OB : sering


AG : pengalaman manggung paling berkesan?
OB : kemarin, waktu tujuh belasan


AG : alesannya a?
OB : pertama kalinya band saya bawain lagu dangdut!


AG : klo kostum favorit aa waktu mangung?
OB : wah, saya paling suka pake celana kulit, kaos ngetat sampe bujal nya keliatan. trus dikasih aksen rompi motif macan. aum!


AG : sekian dulu a wawancaranya. haturnuhun pisan.
OB : udahan ini teh? iya sama-sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar