Jumat, 11 Juli 2014

17.45 pm

17.45 pm




"mah, argi bade ameng heula nya..." ucap gw kepada nyokap yang sedang asik menonton tv.

(mah, argi mau pergi main dulu ya...)



"eeh...tos wayah maghrib wae atuh kasep. sakedap deui. nih, kamu kueh enak ngga?" balas nyokap sambil menyuapi aku sepotong kue berwarna coklat tua.

(eeh...habis maghrib aja atuh kasep. sebentar lagi.)



"mmm....ngeunah pisan euy. mamah bikin sendiri ini teh?? argi mau lagi dong." jawab gw lalu duduk disamping nyokap untuk mengambil potongan kue yang lain.

(mmm...enak banget euy)



"bukan ini mah buatan bu yusuf, itu yang tadi dianter sama panji teh kue ini. kamu teh jam segini mau main kemana?"



"mau ke arcamanik mah."



"aya naon kamu teh los-los ka arcamanik?"

(ada apa kamu koq jauh-jauh main ke arcamanik?)



"mau ketemu sopi mah, kan lagi di sanggar. sekalian ngerjain pr bareng."



"oh kitu, ya udah atuh sana kamu ambil tupperware, sekalian bawain kue buat sopi. nanti mamah titip salam yah buat ceu indra."



"siap jendral!" jawab gw sambil pergi ke dapur mencari tempat untuk membawa kue. setelah cipikacipiki, gw langsung pergi menuju sanggar tempat sofi biasa latihan.



berhubung sebentar lagi magrib, gw langsung memacu motor sekencang mungkin sewaktu keluar dari pintu pagar. setelah berbelok dan memaski jalan besar, tiba-tiba mata gw menangkap sosok yang sedikit familiar sedang membaca buku sambil berdiri. ternyata itu anak yang tadi baru aja bertamu ke rumah gw, panji. gw akhirnya menghentikan laju motor di dekat trotoar tempat ia berdiri, panji nampak binung sewaktu ada orang yang tiba-tiba berhenti di dekatnya, baru setelah gw membuka helm, raut muka anehnya sedikit berubah.



"hey, lagi ngapain lo? tadi gw kirain siapa." sapa gw sambil meletakkan helm di bagian depan motor.



"lagi nunggu angkot." jawabnya irit sambil tersenyum.



"oh. emang rumah lo dimana?"



"di jalan jawa."



"deket dong dari sini mah. lo mau bareng ngga? gw sekalian mau lewat situ." ajak gw sambil kembali memakai helm.



"ngga ngerepotin?" tanya dia.



"ngga lah. udah cepetan naik. gw buru-buru nih." ucap gw sambil menyela motor kemudian menekan kopling motor.



"ngga pake helm gpp gi?" tanya dia masih ragu-ragu.



"yaelah ni anak, mau-mau, ngga-ngga. cepetan." sahut gw agak sedikit kesal.



"ok." jawabnya sambil naik ke motor gw.



*****
"lo jalan jawanya di deket mana?" tanya gw kepada panji sewaktu motor sudah sampai di jalan belitung. terpaksa gw yang mengawali obrolan soalnya ni anak pendiem amat.



"deket sekolah gi." jawab dia singkat.



"katanya kue yang tadi lo bawa, lo bikin sendiri ya?" tanya gw berusaha memancing pembicaraan.



"apa gi? sory ga kedengeran."



"kue yang tadi lo bikin sendiri?" tanya gw sambil membuka kaca penutup helm.



"kue yang mana gi?"



*ya ampun, udah budek, telmi lagi nih anak* pikir gw dalam hati.



"kue yang tadi lo kasih ke nyokap gw."




"oh itu. iya, aku bikin sendiri gi. kenapa?"



"gpp. emang lo suka bikin kue ya?"



"kadang-kadang aja gi."



"kaya anak cewe aja lo hobinya bikin kue. jangan2 lo suka merajut jg ya?"



"apa gi?"



*dasar budek!* umpat gw dalam hati.



"lo kaya anak cewe! suka bikin kue!" teriak gw.



"gi, aku turun di depan."



"disini?" tanya gw sambil mulai mengerem agar laju motor melambat.



"iya disini aja gi."



"emang rumah lo dimana?"



"disitu." jawabnya sambil menunjuk rumah di arah seberang jalan yang bercat putih.



"mau sekalian gw sebrangin ngga? siapa tau lo takut nyebrang juga kaya anak cewe."



"ngga usah gi. makasih. kamu tadi habis makan cengek yah?" tanya panji.

(cengek ; cabe)



"hah?? ngga, emang kenapa gitu?"



"aku kira kamu habis makan cengek, soalnya mulut kamu pedes banget. udah dulu ya gi. thanks tumpangannya. hati2 di jalan." jawab panji sambil menepuk pundak gw lalu menyebrang jalan. meninggalkan gw yang sedang tercengang karena omongan panji barusan. waktu gw mau minta maaf, sosok panji sudah menghilang dibalik pagar. setelah terdiam beberapa saat, akhirnya gw memutuskan untuk segera pergi. 'nanti gw cari deh dia di sekolah sekalian minta maaf', pikir gw dalam hati sambil memacu kembali motor gw.



*****
18.30 pm




"sop!" terdengar suara teriakan argi memanggil dari balik pintu sanggar.




"wah untung kamu dateng, aku tadi hampir ikut pulang bareng sama temen." ucapku sambil berjalan mendekat ke arah argi.



"maaf ay, tadi teh ada perlu sebentar. kamu udah beres latihan?" jawab argi sambil mencubit pinggangku.



"udah dari tadi. kamu udah solat belum?" tanyaku sambil balas mencubit pinggangnya.



"belum eung, tadi kan aku buru-buru kesini."



"heu dasar kamu mah. sok atuh sana solat dulu, aku tunggu disini yap." ucapku sambil mendorong punggung argi ke arah musholla.



"iyaaaa....ay, nih aku bawa kue dari rumah. kheuseus buat kamu. huhu." ucapnya sambil menyerahkan sebuah kantong plastik.



"hiyaa...asik asik! kue apa ini teh?" ucapku sambil membuka kantong plastik pemberian argi.



"naon nya, poho eung. kue si petruk asana mah ay. teuing ah poho deui.

(apa yah, lupa nih. kue si petruk kayanya mah ay, au ah aku lupa lagi.)



"hah? maenya si petruk? kakara nyaho aku mah. huhu. nuhun ay. sok cepetan kamu solat dulu."

(hah? masa si petruk? baru tau aku. huhu. makasih ay.)
*Beberapa menit kemudian*



"ay, mau makan dimana nih? aku udah laper pisaaaaan." tanya argi padaku sewaktu kami sudah dalam perjalanan pulang naik motor.



"teuing atuh, kamu mau makan apa?" tanyaku sambil melingkarkan tangan di pinggang argi.

(teuing ; ngga tau)



"emang kamu ngga laper?"



"ngga terlalu sih, soalnya tadi habis makan kue yang kamu bawa. klo makan di rumah aku aja gimana?"



"kuenya enak ya ay? hmm...boleh deh. berarti kita langsung cabs ke rumah kamu nih?"



"yap, langsung ke rumah aja. eh iya, kue nya enak banget. itu teh si mamah bikin sendiri?"



"ngga ay, kuenya dapet dikasih."



*****
20.30 pm




"ay ay ay ay...aku mau pulang dulu yah, udah malem." bisiknya pelan.



"mmm.....emang sekarang jam berapa?" tanyaku sambil menguap. aku tadi sedang tiduran sambil bersandar di punggung argi sementara argi sedang mengerjakan pr sambil tiduran.



"setengah sembilan ay. pr nya juga udah aku kerjain semua nih." ucap argi lalu membalikkan badannya sehingga sekarang kepalaku bersandar di perutnya.



"hoahm...dikerjain? nyontek itu mah namanya ayyyyy." ucapku sambil mencubit-cubit pinggangnya.




"aw aw aw aw...sakit ah. huhu. ay, besok kamu nonton aku kan?"



"nonton apa gitu?"



"eehhh...ai kamu maenya poho sie. besok kan aku ada pertandingan baseball ay!"

(eeehhh...kamu koq lupa sih?)



"oh iyaaaa. huhu. maaf2, di lodaya yah? tenang atuh aku pasti nonton. kamu mau dibawain apa besok?"



"hmm....itu, puding coklat yang biasa ay. sama sekalian bungkusin goyobod yang banyak. kan enak tuh habis tanding terus nginum goyobod."



"aku bawa goyobodnya gimana? susah atuh naik motor mah."



"ya udah, ntar aku suruh danu jemput kamu. kayanya anak2 aku sekalian suruh kumpul disini aja yah? da rumah kamu kan deket sama lapangan."



"hmm...oke deh. terserah kamu aja. ai kamu teh udah siap belum buat tanding besok?"



"udah atuh, tapi teuing ketang, kumaha isukan weh...."

(udah atuh, tapi ngga tau ding, gimana besok aja deh...)



"hahaha. dasar. ya udah atuh yah, kamu yang semangat. aku doain besok kamu menang ay."



"amin. cium dulu atuh euy, biar besok aku bisa menang."



"awas ya klo besok ngga menang. kan udah aku cium." ucapku kemudian mencium argi berkali-kali.



*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar