Jumat, 11 Juli 2014

*INTERMEZO SEDIKIT

manjabal adalah sebuah rumah makan sunda dengan cita rasa khas. aslinya berasal dari ciamis (manjabal 1), klo cabangnya di cijagra ini disebut manjabal 2. manjabal berarti masakan jaman baheula
(masakan jaman dahulu), intinya sih masakan kampung. manjabal adalah salah satu rumah makan sunda favorit saya di bandung (selain ciganea, sambara, bumbu desa, waroeng ethnic, ma uneh, RM.cikawao dan RM.ibu imas)


setelah mencari tempat duduk, gw dan sofi mulai melirik menu makanan yang tersedia...karena gw lagi kepengen ayam goreng, maka gw memesan hayam goreng lembur (ayam goreng kampung) plus serundeng. lauk lain yang gw pesan adalah telor dadar peda dan tumis genjer. sementara sofi tampak sibuk membolak-balik menu, padahal
menunya cuma ada satu lembar. hahaha.

"yudh, maneh hawek pisan ih. sagala teh di pesen." ucap sofi.

(yudh, lo rakus banget ih. semuanya dipesen)

"wae ah. beuteung urang nggeus lapar pisan sop. buru maneh teh rek pesen naon?"

(biarin ah.perut gw udah kelaperan banget sop. cepetan lo mau pesen apa?)

"urang jadi bingung yudh. mmm...ya nggeus ateuh urang pesen gurame cobek sareng tempe mendoan." jawab sofi.

(gw jadi bingung yudh. mm...ya udah gw pesen gurame cobek sama tempe mendoan.)

"oke sop." ucap gw seraya memanggil seorang pelayan untuk memesan order.


gw : mas...mau order.
pelayan : silahkan a.
gw : pesen nasi liwet 1, hayam goreng lembur 1, dadar telor 1,
gurame cobek 1, tempe mendoan 1 porsi, sama tumis genjer
juga 1 porsi.
pelayan : minumnya mau pesan apa mas?
gw : teh tawar aja deh mas.
pelayan : baik, saya ulang pesanannya, nasiliwet 1 porsi, ayam goreng
kampung 1, dadar telor 1, tempe mendoan 1 porsi
tumis genjer 1 porsi.
gw : sip mas.
pelayan : ada order lain a?
gw : itu dulu aja mas.
pelayan : iya a. terima kasih.
gw : sama-sama.

lalu pelayan itu pun berlalu meninggalkan meja gw dan sofi.

"sop...lo udah bilang sama ibu sama abah kan?" tanya gw.

"bilang apa yudh?" tanya sofi balik.

"ya itu, mau ikut liburan." jawab gw.

"ooh..udah yudh. barusan tadi malem wktu kmu telfon." ucap sofi.

"trus kumaha? boleh teu?" tanya gw lagi.

(trus gimana? boleh ga?)

"boleh-boleh aja sie yudh. tapi...." ucap sofi lalu terdiam.

"tapi kenapa sop?" tanya gw penasaran.

"tapi ga boleh lama2 aja yudh. soalna si abah teh mau dinas ke luar kota,
jadi kudu ngajagaan si mamah jeung adi urang yudh. hehe....." jawab sofi.

"oh...beres sop..." ucap gw.

beberapa menit kemudian, pesanan kita datang. tanpa aba-aba, gw langsung menyantap hidangan yang ada di meja secepat kilat. maklum udah lapar beraaaat.
12.45


terihat beberapa buah piring kosong menghiasi meja gw dan sofi. dalam waktu setengah jam, semua makanan yang kita order habis bis bis....huhu.

"waduh...ngeunah ya yudh? eta maneh nepi ka teurab." tiba2 sofi memulai pembicaraan.

(waduh...enak ya yudh? lo sampe sendawa gitu.)

"hahaha....iya sop. wareg pisan ieu mah. tingali beteung urang beul....jadi bureuteu kieu." jawab gw.

(hahaha...ya sop. kenyang banget nie. liatin perut gw sop...jadi buncit gini.)

"hahaha....beuteung bareuh eta mah yudh." balas sofi.

(hahaha....perut bengkak tuh yudh.)

"haha..amit2 ah. ayeuna rek kamana beul?" tanya gw.

(haha..amit2 ah. sekarang mau kemana lagi sop?)

"hmm...meser barang dahareun yudh. hehe.." jawab sofi.

(hmm...beli makanan yudh. hehe)

"oh..ok2. yu sop." ajak gw.

kemudian kita pergi meninggalkan manjabal, bergegas menuju sebuah swalayan di jalan buah batu. kurang lebih setengah jam sofi menghabiskan waktu untuk belanja makanan buat besok. gw juga jadi
ikut-ikutan belanja, padahal di rumah udah gw siapin semua cemilan untuk besok. huhu.
"sop...beres balanja rek kamana deui?" tanya gw.

(sop...beres belanja mau kemana lagi?)

"ya balik we atuh ka imah urang. emang maneh rek kamana deui beul?" ucap sofi.

(ya pulang aja ke rumah gw. emang lo mau kemana lagi yudh?)

"huhu...meni hanaang kieu sop. hayang nginum es. atuda panas pisan di bubat mah." jawab gw.

(huhu...haus banget nie sop/ mau minum es. habis panas banget sie di bubat)
*bubat = buah batu*

"meni geuleuh maneh yudh. ya nggeus atuh, panas2 kieu mah pangeunah-ngeunahna nginum goyobod." ucap sofi.

(segitunya lo yudh. ya udah, panas2 gini mah paling enak klo minum goyobod)
*goyobod = es dawet ayu / es cincau*

"eta pisaaaaaaannn......" jawab gw.
dan dalam hitungan menit, gw dan sofi berlarian ke arah motor sambil membawa belanjaan yang cukup banyak. dengan rasa tidak sabar gw memacu motor gw meninggalkan parkiran menuju jalan kliningan. kita menuju sebuah tempat yang disebut gokil, singkatan dari goyobod kliningan. sialnya waktu kita udah nyampe, ternyata penuhhhh banget. hehe...maklum siang2 gini pasti banyak orang yang pengen minum goyobod, disamping tempatnya yang cukup terkenal selalu ramai diserbu pembeli
setelah 15 menit yang melelahkan gw dan sofi selesai mengantri, dan langsung mengaduk gelas yang berisi goyobod dingiiiin dan manis. perlahan-lahan gw meminum goyobod...cessss.....air dingin yang terasa manis gurih gula jawa mengalir membasahi kerongkongan gw yang panas karena dahaga. emang paling enak klo tengah hari yang panas, terus
minum goyobod. apalagi klo ditemenin sama makan baso. komplit deh. hehehehe...
setelah menikmati 2 gelas goyobod (gw nambah 1 gelas. hehe) gw dan sofi lalu memutuskan untuk pulang ke rumah sofi. tapi berhubung sekarang berbarengan dengan waktu bubaran anak sekolah, maka gw berinisiatif mengambil jalan memutar melewati jalan solontongan. melewati sma 8, lumayan sekalian ngeceng. hahahaha.

beres ngeceng, gw lalu memacu motor gw menuju rumah sofi. bete juga sie ngeceng nya cuma sebentar, soalnya sofi udah marah-marah aja, pengen cepet pulang katanya. padahal mah kayanya dia cemburu sm gw. hahahaha....PD banget.

setelah sampai di rumah sofi, kita kembali beberes. masuk-masukin makanan yang baru dia beli ke dalam koper. dan ternyata kopernya udah ga muat menampung segala macam cemilan yang sofi beli. hahaha....ya akhirnya dibungkus pake keresek aja deh, gjadi dimasukin koper. dasar nie anak, kaya ibu2 aja klo mau pergi sagala teh dibawa. hehe.

"sopi sopi....maneh mah kos awewe...sagala dibawa. beuki heurin wae mobil urang eusina ku koper maneh hungkul" ucap gw.

(sopi sopi...lo mah kaya perempuan...semuanya dibawa. tambah sempit aja mobil gw nanti isinya koper lo doang)

"gandeng ah. hehe....tanggung ah yudh. hoream beberes deui." jawab sofi.

(berisik ah. tanggung ah yudh. males beberes lagi)

"ya kumaha maneh weh beul. eh urang rek sare heula ya sakeudeung. biasa tos dahar mah sok nundutan." ucap gw sembari membaringkan badan gw di kasur sofi.

(ya terserah lo aja sop. eh gw mau tidur dulu ya sebentar. biasa klo habis makan tuh suka jadi ngantuk)

"dasar kebo. hehe. sok atuh yudh urang rek beberes deui." jawab sofi sembari pergi ke luar , meninggalkan gw sendirian di kamar.

(dasar kebo. hehe. tidur aja gih gw mau lanjut beres-beres lagi)
* 30 menit kemudian*

gw tiba2 tersadar dari tidur gw. ga tau kenapa. dalam keadaan setengah sadar, gw merasakan ada sentuhan tangan di pipi gw. pelan-pelan tapi cukup terasa sebuah belaian dan usapan lembut dari tangan seseorang. usapan nya terasa sangat nyaman di pipi gw. perlahan-lahan gw mulai bisa merasakan sentuhan itu, ternyata ada tangan seseorang yang sedang memegang dagu gw sementara ibu jarinya mengusap-mengusap lembut pipi gw.

alam bawah sadar gw menikmati usapan lembut tersebut, tapi alam sadar gw tiba-tiba mengambil alih. gw kemudian terbangun dari tidur gw,lalu menoleh ke arah samping. ternyata ada sofi di samping gw. dia tengah duduk di atas kasur sembari punggung nya bersandar ke tembok.
sofi terlihat sedikit kaget sewaktu gw bangun dan melihatnya.

"sop...maneh keur naon?" tiba-tiba gw bertanya sembari terbangun dari tempat tidur.

(sop...lo lagi ngapain?)

"u...u...urang keur cicing wa wae yudh..." jawab sofi sedikit terbata-bata.

(g..g...gw lagi diem aja koq yudh)

"hoahm...ayeuna nggeus jam sabaraha sop?" tanya gw masih dengan mata yang terkantuk-kantuk.

(hoahm...sekarang udah jam berapa sop?)

"ja..jam 2 yudh" ucap sofi masih dengan nada yang gugup.

(ja..jam 2 yudh)

"maneh kunaon sop? jadi gagap kitu" tanya gw cuek.

(lo kenapa sop? jadi gagap gitu.)

"ng...nggak kenapa2 yudh. kaget aja lo tiba2 bangun." jawab sofi sembari tersenyum kecut.

"eta nu ngelus2 urang teh maneh ya sop?" tanya gw pelan.

(itu yang ngelus2 gw tadi tuh lo ya sop?)

"bu...bu..bukan yudh. emang ada yg ngelus2 y? mimpi kayanya." jawab sofi.

"ya moal atuh ngimpi mah sop. meni karasa pisan tadi teh pipi urang aya nu ngelus2. masa jurig??" tanya gw lagi.

(ya ngga mungkin lah klo mimpi sop. orang kerasa banget tadi pipi gw ada yang ngeluss2. masa setan??)

"........." sofi pun terdiam.

"sop?" tanya gw.

"........." sofi kembali terdiam
gw pun kembali merebahkan diri gw ke atas kasur, kali ini bantal gw singkirkan. gw memilih untuk menyandarkan kepala gw di atas kedua paha sofi. sofi nampak terkejut ketika gw tiba-tiba bersandar di atas kedua pahanya.

"yudh...hampura yudh. ha...hampura pisan. u...urang tadi teu sengaja. ha...hampura yudh." tiba2 sofi berbicara dengan sangat pelan dan terbata-bata.

(yudh...maaf yudh. ma...maaf banget. g...gw tadi ga sengaja. ma...maaf banget yudh)

gw lalu melihat ke arah wajah sofi, lalu sofi menundukkan wajahnya. mungkin dia malu.

"sengaja jg gpp sop. tapi cuma kepala sama rambut aja ya?" gw menjawab nya, masih dengan menatap ke arah wajah sofi.

"i...i...iya yudh. ma...maaf ya." lagi2 sofi meminta maaf.

gw pun lalu memalingkan muka, mungkin sofi malu klo gw liatin. fikir gw.

"gpp sop." jawab gw singkat.

"ma...makasih yudh." balas sofi pelan.

"sop..gw masih ngantuk. gw mau tidur lagi." ucap gw.

"oh...i...iya yudh. mangga. gw mau keluar dulu. takut ganggu lo lagi." ucap sofi, sembari bersiap-siap untuk beranjak dari kasur.
"gw pengen di usap-usap lagi sama lo." pinta gw, sembari kepala gw menekan kedua paha sofi agar tidak beranjak dari kasur.

"be...beneran yudh?" tanya sofi.

"iya. biar tidur gw nyenyak." jawab gw dengan pelan.

sejenak kemudian, gw merasakan sentuhan hangat tangan sofi. membelai-membelai rambut gw dengan pelan. dan jemari nya dengan lembut mengusap-ngusap pipi gw. kembali gw memejamkan mata.

saat ini,ada banyak hal yang sedang berkecamuk di dalam pikiran gw. semuanya hanya tentangg sofi dan diri gw sendiri. entahlah, kenapa gw lebih memilih seperti ini. gw cuma ga mau ambil pusing. klo boleh jujur,gw suka cara dia memperlakukan gw. entah itu salah atau benar. yang jelas, gw suka. dan itu yang gw mau sekarang.
15. 05


gw kembali terbangun. kali ini alasan gw terbangun dari tidur karena mendengar suara adzan. dengan perlahan-lahan gw membuka mata
gw. lalu gw pun perlahan-lahan mulai bangun dari tempat tidur. entah kenapa kepala gw terasa agak berat. mungkin karena baru bangun tidur
kali ya. gw melihat sofi juga sedang tertidur dengan posisi duduk bersandar di tembok. kasian juga sofi. fikir gw.

"sop...sop...hudang sop." ucap gw pelan sembari menggoyang-goyangkan tangan sofi.

(sop...sop...bangun sop)

"..........." sofi masih tertidur.

"sop...sop...hudang atuh." ucap gw sembari menggoyang-goyangkan kaki sofi.

(sop...sop...bangun dong)

"mmmmm....." tiba-tiba terdengar suara sofi.

tampaknya sofi pun terbangun. lalu dia nampak mengucek-ngucek matanya. lalu menguap lebaaar. hehe.

"udah bangun yudh?" tanya sofi.

"udah sop barusan. hehe... meni ngeunah sare teh sop." ucap gw.

(udah sop barusan. hehe...kayanya nyenyak nieh tidurnya sop)

"hehe...iya yudh." jawab sofi sambil tersenyum manis.

lalu sofi pun beranjak dari tempat tidur.

"rek kamana sop?" tanya gw.

(mau kemana sop?)

"mau ngambil minum yudh. lo mau minum apa yudh?" balas sofi.

"air putih aja sop. yang dingin ya." jawab gw.

"ok." jawab sofi sembari menghilang dibalik pintu.
sewaktu menunggu sofi...gw dengan isengnya menjamah barang-barang milik sofi. di atas meja belajar sofi, terlihat ada sebuah buku yang cukup tebal dengan cover berwarna merah marun, warna favorit sofi. covernya tidak menyiratkan apa-apa, karena hanya sebuah cover polos tanpa gambar dan tulisan apapun. karena penasaran, gw langsung membuka buku tebal itu, langsung ke halaman tengah...

wah...ternyata buku tebal ini adalah sebuah binder notes. sebuah binder yang berisikan beberapa buah foto yang dsimpan rapih, semacam photo album tapi ini terlihat seperti buatan sofi sendiri. di dalam binder yang cukup tebal itu, tiap lembar halaman nya berisikan sebuah atau beberapa foto yang diberi judul di atasnya, lalu dibawah fotonya kadang2 terdapat catatan kecil tapi terkadang banyak juga catatannya.

karena penasaran, gw pun berfikir untuk membuka binder tersebut dari halaman pertama, yah namanya juga membaca sebuah buku, harus dari halaman pertama kan? gw lalu membuka halaman pertama dari binder itu, terlihat gambar 'gunungan wayang'(kalau dalam bahasa jawa nama nya 'kayon' wayang) menghiasi kertas berwarna putih polos..
"hehe...mentang-mentang pernah jadi dalang nieh si sofi" fikir gw.

gw buka lagi halaman selanjutnya, ternyata ada sebuah gambar topeng kecil berwarna putih dan dibawah foto topeng itu ada sebuah tulisan tangan berwarna hitam pekat bertuliskan ; PANJI
hmm...gw pun semakin terbawa oleh rasa penasaran. apa ya maksud dari tulisan 'PANJI'.

halaman selanjutnya langsung gw buka...dan ternyata ada foto sofi waktu masih bayi! hehehe....fotonya lucu banget. terlihat foto bayi mungil berkulit putih bersih dengan matanya yang masih tertutup, dan kulitnya yang masih agak kemerahan. fotonya terlihat agak kusam, yah mungkin dikarenakan kamera jaman dulu belum sebagus jaman sekarang.

di bawah foto bayi tersebut terlihat sebuah tulisan,tulisan yang cukup panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar